NTT

Kamis, 6 Mei 2021 - 08:57 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Timbul Batubara saat menyerahkan bukunya ke Gubernur NTT, Viktor Laiskodat (Foto: Biro Administrasi Setda Prov. NTT)

Timbul Batubara saat menyerahkan bukunya ke Gubernur NTT, Viktor Laiskodat (Foto: Biro Administrasi Setda Prov. NTT)

Gubernur NTT Restui Pelaksanaan Peringatan HKAN Ke-31 Digelar di Kupang

Kupang, Floreseditorial.com —Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat merestui pelaksanaan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Ke-XXXI di gelar di Kupang pada Agustus mendatang.

Hal itu dibuktikan saat Viktor Laiskodat menandatangani SK Kepanitiaan HKAN yang diserahkan oleh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya NTT, Timbul Batubara, Kamis (6/5/2021) di ruang Kerjanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengaku sangat mengapresiasi rencana Peringatan HKAN digelar di NTT.

“Kami Pemprov dan masyarakat NTT sangat senang dengan rencana kegiatan ini, karena sejalan dengan gencarnya program pemerintah dalam memperkenalkan pariwisata sebagai prime mover pembangunan ekonomi di daerah kami, dan juga tentunya dapat menjadi sebuah kebanggaan bagi kami, karena kami terus berupaya keras menjadikan NTT sebagai New Paradise, agar nyata sebagai New Tourism Territory,” ujar Viktor Lasikodat.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut, Timbul Batubara melaporkan kesiapan dari panitia pelaksana yang sudah melakukan rapat terpadu dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTT bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT.

“HKAN ke-31 kali ini mengangkat tema Bhavana Satya Alam Budaya Nusantara yang bermakna Memupuk Kecintaan Pada Alam dan Budaya Nusantara. Acara Puncak akan dilaksanakan di Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang, Kota Kupang pada 10 Agustus 2021, rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju,” ujar Timbul.

Ia menjelaskan, pelaksanaan peringatan HKAN ke-31 ini juga telah disahkannya oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya melalui SK Nomor : 176/MENLHK/KSDAE/KSA. 3/4/2021 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2021.

“SK tersebut telah ditandangani oleh Menteri LHK Siti Nurbaya pada tanggal 23 April 2021,” terang ketua panitia pelaksana HKAN tahun 2021 tingkat Provinsi NTT itu.

Menurutnya, Peringatan HKAN kali ini dilaksanakan di Provinsi NTT, karena NTT adalah daerah kepulauan yang memiliki karakteristik potensi daya tarik wisata alam yang indah, dan ditunjang dengan keragaman budaya.

“Dimana NTT saat ini sangat dikenal sebagai provinsi yang unik dan kaya dari sisi alam dan budaya yang sangat eksotik,” tambahnya lagi.

Pada kesempatan tersebut juga, Kepala BBKSDA, Timbul Batubara juga menyerahkan buku yang ditulisnya, tentang kepariwisataan NTT dengan judul Ring Of Beauty East Nusa Tenggara kepada Gubernur NTT.

Buku tersebut, kata Dudut, dedikasikan untuk NTT sebagai karya monumental menjelang masa pensiun pada 1 Juli 2021 nanti.

Laporan: Ignas Tulus











Artikel ini telah dibaca 781 kali

Baca Lainnya
x