Manggarai

Kamis, 6 Mei 2021 - 04:37 WIB

1 bulan yang lalu

logo

DPRD saat Rapat Paripurna dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai (Foto: Valerius Isno)

DPRD saat Rapat Paripurna dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai (Foto: Valerius Isno)

Anggota DPRD Manggarai Soroti BLT DD Tahun 2020 Yang Tak Kunjung Cair

Manggarai, Floreseditorial.com —Remigius Nalas, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyoroti Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2020 yang tak kunjung cair hingga kini.

Sorotan itu, Ia sampaikan saat menggelar Rapat Paripurna dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai dengan agenda pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD), Rabu (5/5/2021) kemarin.

“Saya mendapat keluhan dari masyarakat bahwa masih ada Desa, di Kabupaten Manggarai, yang belum bagi dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) selama tiga bulan untuk anggaran tahun 2020,” ungkap Remigius, Rabu kemarin.

Karena itu Ia meminta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Manggarai, agar turun ke setiap Desa, untuk mengecek semua BLT DD tahun anggaran 2020 itu.

“Karena disatu sisi sesuai instruksi dari kementerian keuangan Desa telah mengeluarkan instruksi untuk tahun 2020 bahwa pemanfaatan Dana Desa (DD) itu lebih di prioritaskan 3 hal yaitu penanganan stanting, kesehatan dan Bantuan Langsung Tunai (BLT), untuk membantu ekonomi keluarga di situasi pandemi virus corona atau Covid-19,” ucap Politisi asal Cibal itu.

Selain menyoroti lambannya penyaluran BLT DD tahun 2020 itu, Politisi partai Gerindra itu juga menyoroti bantuan rumah layak huni tahun anggaran 2019 dan 2020. Disampaikannya, berdasarkan laporan masyarakat penerima, masih banyak material non lokal yang belum didrop oleh suplayer.

Ia pun minta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Manggarai, untuk teleti dalam mengecek semua pembangunan di Desa yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tutup.

Laporan: Valerius Isno
Editor: Ignas Tulus

Artikel ini telah dibaca 654 kali

Baca Lainnya
x