Lembata

Selasa, 8 Desember 2020 - 07:26 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Mama Anastasia Daren, saat mendapat perawatan dari Suster SSpS, karena mengalami iritasi mata akibat terpapar abu vulkanik Erupsi Gunung Ile Lewotolok. (Foto: Ben Kia Assan)

Mama Anastasia Daren, saat mendapat perawatan dari Suster SSpS, karena mengalami iritasi mata akibat terpapar abu vulkanik Erupsi Gunung Ile Lewotolok. (Foto: Ben Kia Assan)

Warga Mulai Sakit-sakitan Karena Abu Vulkanik

Lembata, Floreseditorial.com – Erupsi Gunung Ile Lewotolok yang memicu hujan abu vulkanik pada Minggu (29/11/2020) siang itu, sangat berdampak pada kesehatan warga di sekitar wilayah tersebut. Salah satunya adalah, Anastasia Deran. Akibat terpapar abu vulkanik, Ia kini menderita sakit mata pada mata kanannya, yang tampak iritasi dan sulit dibuka. Karena bencana itu pun, Anastasia diduga mengalami trauma karena sulit diajak berbicara.

Anak Anastasia, yakni Imelda Kidi bersama cucu-cucunya, mengungsi di salah satu kos-kosan di kawasan Akelohe, sebelah timur Terminal Timur Lewoleba. Imelda Kidi yang membantu menjelaskan kondisi sakit mata yang dialami Anastasia.

“Hari Minggu itu (29/11/2020) siang, saat kejadian, kami semua lari. Mama merasa seperti ada kerikil di matanya. Dia hanya gosok-gosok saja. Malamnya tidur, dan saat bangun pagi esoknya sudah bengkak sampai hari ini,” tutur Imelda Kidi.

Imelda, yang ditemui floreseditorial.com pada Sabtu (5/12/2020), menambahkan, hingga hari tersebut, belum ada pemeriksaan kesehatan bagi Mama Anastasia, selain dari para Suster SSpS, yang berkeliling mengunjungi pengungsi termasuk mereka.

“Kami mau telepon minta bantuan, tapi belum sempat. Kami rencana mau bawa ke kampung saja. Mau berobat kampung. Tapi pas para Suster SSpS datang, jadi merekalah yang periksa,” tambah Imelda.

Diketahui, Imelda Kidi bersama Mama Anastasia, tinggal di kos-kosan itu bersama sejumlah warga lain. Semuanya dari Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape. Total ada 18 jiwa dari lima kepala keluarga.

Sementara itu, Bidang Operasi Komando Tanggap Darurat Bencana (TDB) Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Ansel Bahi, mengatakan, pihaknya sudah merespon kondisi Mama Anastasia. Dan saat ini, Tim Posko Kesehatan sudah memberikan penanganan kesehatan kepada Mama Anastasia.

“Setelah kita tahu informasi itu, kita sudah koordinasi dengan Posko Kesehatan dan Tim Kesehatan dengan mobil ambulance sudah ke sana untuk tangani. Terima kasih untuk dukungan informasi dari teman-teman media,” ungkap Ansel Bahi, yang juga Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lembata. (san)

Artikel ini telah dibaca 1340 kali

Baca Lainnya
x