Lembata NTT Sikka

Selasa, 1 Desember 2020 - 09:20 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Aktivis GMNI Sikka sedang melakukan penggalangan dana untuk warga Kabupaten Lembata yang terkena dampak erupsi Gunung Ile Lewotolok. (Foto: Ist)

Aktivis GMNI Sikka sedang melakukan penggalangan dana untuk warga Kabupaten Lembata yang terkena dampak erupsi Gunung Ile Lewotolok. (Foto: Ist)

GMNI Sikka Gelar Aksi Kemanusiaan Peduli Korban Bencana Lembata

Sikka, Floreseditorial.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Sikka, melakukan aksi kemanusiaan dengan cara mengumpulkan dana, sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Kabupaten Lembata yang terdampak erupsi Gunung Ile Lewotolok. Puluhan aktivis GMNI tersebut melakukan aksi penggalangan dana di sekitaran Patung Kuda Geret, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, pada Selasa (1/12/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Sikka, Alvianus L. Ganggung, kepada media ini menjelaskan, aksi penggalangan dana untuk warga Kabupaten Lembata yang terdampak erupsi Gunung Ile Lewotolok, merupakan sebuah misi kemanusiaan. Menurutnya, hal ini memang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, demi membantu sesama.

“Ini merupakan sebuah cara untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Rasa nasionalisme dan perikemanusian, jangan hanya dijadikan frasa, tetapi lebih dari itu, perlu diwujudnyatakan melalui sikap dan tindakan kita,” jelasnya.

Ia mengatakan, aksi penggalangan dana ini akan dilakukan oleh pihaknya selama tiga hari di sejumlah titik di Kota Maumere, terhitung sejak hari ini. Besok, lanjutnya, akan dilakukan penggalangan dana di Pasar Alok dan untuk Pasar Wuring akan dilakukan lusa. Selain melakukan penggalangan dana, pihaknya juga menerima bantuan lain dari warga Kabupaten Sikka, berupa pakaian bekas yang masih layak pakai.

Sementara itu, Sekretaris GMNI Sikka, Mario Oscar Carmelos, menambahkan, aksi penggalangan dana dan pengumpulan pakaian bekas layak pakai yang dilakukan pihaknya sejak hari ini hingga 3 Desember mendatang, nantinya akan diserahkan ke Posko Bantuan Bencana Erupsi Gunung Ile Lewotolok, yang bertempat di Kelurahan Kabor, Kecamatan Alok.

“Bantuan yang kami berikan nanti, mungkin tidak memberikan sesuatu kepuasaan terhadap warga Lembata yang terkena dampak. Tetapi, kepedulian itu perlu dibangun atas dasar kesadaran,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Lembata yang terkena dampak erupsi Gunung Ile Lewotolok, agar tidak panik dan tetap mengikuti arahan dari Tim Siaga Bencana, sehingga tidak menimbulkan masalah baru. Tak lupa, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sikka yang sudah dengan rela mau berbagi dan membantu sesama, melalui aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh pihaknya hingga lusa nanti. (ric)

Artikel ini telah dibaca 863 kali

Baca Lainnya
x