Lembata

Rabu, 25 November 2020 - 11:06 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Yubi Idan, remaja asal Desa Labalimut, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sudah 12 hari menghilang dari rumahnya. (Ist)

Yubi Idan, remaja asal Desa Labalimut, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sudah 12 hari menghilang dari rumahnya. (Ist)

12 Hari Menghilang, Remaja Penyandang Disabilitas di Lembata Belum Ditemukan

Lembata, Floreseditorial.com – Sudah lebih dari seminggu, masyarakat Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), dihebohkan dengan hilangnya seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun, bernama Yubi Idan. Diketahui, Yubi Idan, memiliki gangguan mental atau penyandang disabilitas.

Informasi yang diperoleh media ini, remaja tersebut sudah menghilang 12 hari lamanya dari rumahnya yang terletak di Desa Labalimut, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penjabat Kepala Desa Labalimut, Albert Blikon, saat dikonfirmasi media ini, membenarkan perihal menghilangnya, Yubi Idan. Ia mengakui, pihaknya sudah mengerahkan masyarakat setempat, bahkan meminta bantuan warga desa tetangga untuk melakukan pencarian.

“Adik Yubi itu dicari orang tuanya. Setelah tiga hari, ayahnya melapor ke kantor desa. Kami bersama aparat dan masyarakat sudah lakukan pencarian beberapa hari ini, tapi tidak ada petunjuk yang pasti. Tidak hanya Labalimut, dari Desa Belabaja, Atawai dan Puor juga ikut mencari, tapi sampe hari ke-12 ini, belum ditemukan,” jelas Albert Blikon kepada floreseditorial.com, Rabu (25/11/2020).

Blikon mengatakan, saat ini, Yubi Idan, sedang mengalami gangguan mental. Menurutnya, karena keadaan tersebut, Yubi, hanya sekolah sampai Kelas 3 SMP dan tamat pada tahun 2017.

“Dulu Dia sekolah. Tapi karena ada gangguan mental, agak linglung begitu, jadi pas Kelas III SMP, Dia berhenti sekolah. Kalau sekolah terus, tahun ini Dia kelas 3 SMA. Tapi Dia anak yang tenang, jarang keluar jauh. Sekitar 12 hari lalu itu, Dia keluar rumah. Orang tuanya pikir Dia ke rumah keluarga. Tiga hari kemudian, orang tuanya datang lapor, dan kami mulai cari,” jelas Blikon.

Hingga saat ini, Yubi Idan, belum ditemukan. Alber Blikon, meminta bantuan segenap masyarakat Lembata agar menginformasikan jika pernah melihat atau menemukan keberadaan, Yubi Idan.

“Keluarga dan kerabat lain sudah tersebar sampai ke Lewoleba untuk pencarian. Jadi, kami minta bantuan masyarakat, jika melihat atau menemukan adik Yubi Idan, mohon diinformasikan ke keluarga atau Pemerintah Desa Labalimut,” tambahnya.

Untuk diketahui, Yubi Idan, meninggalkan rumah mengenakan baju kaos dan sarung. Baju kaos yang dikenakan, sama seperti baju yang ada dalam foto pada berita ini. (san)

Artikel ini telah dibaca 57 kali

Baca Lainnya
x