Manggarai Pilkada 2020

Minggu, 15 November 2020 - 11:16 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Cibal, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (15/11/2020). (Foto: Valerius Isnoho)

Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Cibal, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (15/11/2020). (Foto: Valerius Isnoho)

Panwaslu Kecamatan Cibal Lantik 59 Orang PTPS

Manggarai, Floreseditorial.com – Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cibal melantik 59 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manggarai Tahun 2020, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (15/11/2020).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panwaslu Kecamatan Cibal, Nomor: 005/KEP.PANWASCAMCIBAL/XI/2020 tentang Pengesahan, Pengangkatan dan Penempatan Tempat Tugas PTPS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020.

Ketua Bawaslu RI, Abhan, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia, mengatakan, PTPS merupakan ujung tombak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam melaksanakan tugas pengawasan.

“Keberadaan PTPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara,” ungkap Lorensia.

Ia menegaskan, PTPS adalah ujung tombak dalam seluruh proses kegiatan Pilkada, mulai dari tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi surat suara.

“Pungut dan hitung surat suara adalah tahapan puncak yang harus diawasi secara ketat oleh PTPS. PTPS sebagai kaki-kaki Bawaslu dan sebagai garda terdepan. Karena itu, PTPS harus paham tugas dan kewenangan kita,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Cibal, Siprianus Anggal, dalam sabutannya, mengatakan, tugas dan tanggung jawab mereka diatur oleh UU, sebagaimana tertulis dalam SK Panwaslu Kecamatan Cibal.

“Harapan saya, PTPS yang baru dilantik ini dapat berkerja semaksimal mungkin, jalani tugas dan fungsi masing-masing dengan baik,” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Panwaslu Kecamatan Cibal, Siprianus Anggal bersama jajarannya, Ketua PPK Kecamatan Cibal, Rikardus Barat bersama jajarannya, Pastor Paroki Pagal, Pater Aba, Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marcelina Lorensia bersama Staff Bawaslu Manggarai. (val)

Artikel ini telah dibaca 538 kali

Baca Lainnya
x