Manggarai Pilkada 2020

Kamis, 15 Oktober 2020 - 10:25 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Manggarai, Rabu (14/10/2020). (Foto: Valerius Isnoho)

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Manggarai, Rabu (14/10/2020). (Foto: Valerius Isnoho)

KPU Manggarai Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih

Manggarai, Floreseditorial.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), di Aula KPU Manggarai, Rabu (14/10/2020).

Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Peraturan KPU Manggarai Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pelaksanakan Tahapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tingkat Kabupaten.

“Proses rekapitulasi hari ini, kita mencurahkan seluruh pikiran, tenaga dan sumber daya, untuk sama-sama mencermati hasil kerja penyelenggara teknis, agar menghasilkan data pilih yang berkualitas,” katanya.

Terkait data dukung serta catatan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Tomy, menyampaikan, akan ditindaklanjuti hari ini.

“Semua catatan atau rekomendasi Bawaslu, sifatnya wajib ditindaklanjuti oleh kami, sepanjang data autetntik bisa dilampirkan oleh Bawaslu dan Tim Pasangan Calon (Paslon),” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia, mengatakan, beberapa temuan hasil pencermatan daftar pemilih, terkait pemilih yang belum terakomodir di Daftar Pemilih Sementara (DPS), menyerahkan rekomendasi serta data dukung pemilih yang bermasalah di DPS.

     

“Selain memberikan rekomendasi, kami juga menyerahkan data dukung seperti fotocopy KTP dan KK dari pemilih yang belum terakomodir di DPS, serta data dukung pemilih ganda, pemilih baru, serta pemilih yang di DPS tidak ada NIK dan KK,” katanya.

Senada, Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Manggarai, Herybertus Harun, menyampaikan, catatan dari Bawaslu Manggarai agar dibahas satu per satu, sehingga data pemilih dalam Pilkada Manggarai benar-benar berkualitas.

“Setiap catatan dari Bawaslu maupun perwakilan Paslon, harap dibahas satu per satu, dan tentu beberapa catatan atau temuan kami, akan dilampirkan dengan data dukung seperti fotocopy KTP dan KK, sehingga data pemilih kita benar-benar berkualitas,” kata Hery.

Pantauan floreseditorial.com, Ribuan data pendukung autentik hasil temuan dan pencermatan DPS, diserahkan Bawaslu Kabupaten Manggarai sebelum Rapat Pleno dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan itu, Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Manggarai, unsur dari Polres Manggarai, Panwascam dan PPK dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Manggarai, serta perwakilan dari dua Paslon yang maju dalam Pilkada Manggarai. (val)

Artikel ini telah dibaca 1309 kali

Baca Lainnya
x