Manggarai Pilkada 2020

Senin, 28 September 2020 - 10:59 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia, M.Pd. (Foto: Ist)

Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia, M.Pd. (Foto: Ist)

Halangi Kampanye Pilkada, Bisa Dipidana Selama Enam Bulan

Manggarai, floreseditorial.com – Dalam rangka pelaksanaan pengawasan tahapan kampanye, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai mengimbau Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020 agar mematuhi sejumlah regulasi dalam hal kampanye, sehingga tidak berdampak pada dugaan pelanggaran administrasi maupun pidana pemilihan.

Semua pihak diminta untuk mentaati Pasal 187 Ayat 4 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia dan Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga, Herybertus Harun, pada Senin (28/9/2020), di Kantor Bawaslu Kabupaten Manggarai.

Marselina, menegaskan, terkait Pasal 187 Ayat 4 Undang-Undang 10 Tahun 2016, Bawaslu telah mengirim surat pencegahan kepada Paslon. Surat imbauan Bawaslu Kabupaten Manggarai, bernomor 460/Bawaslu-Mgr/IX/2020 ditandatangani langsung olehnya, terkait pencegahan pelanggaran masa kampanye.

     

Dia menyebutkan, dalam pasal tersebut berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja mengacaukan, menghalangi, atau mengganggu jalannya kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu bulan atau paling lama enam bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 600.000 atau paling banyak Rp 6.000.000.

“Kami berharap agar Paslon Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan imbaun ini kepada Tim Kampanye, Partai Politik (Parpol) Pengusung, Relawan dan Pendukung Paslon. Bagi pihak yang menghalangi jalannya kampanye, bisa dipidanakan,” tegas Marselina.

Sementara itu, Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga, Herybertus Harun, juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat Manggarai agar mengawal semua tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Manggarai.

”Mari kita kawal bersama pelaksanaan Pilkada Manggarai, khusus tahapan kampanye ini, agar ikut protokol covid-19, sehingga kita ciptakan Pilkada Manggarai yang damai,” tutup Hery. (*)

Artikel ini telah dibaca 1310 kali

Baca Lainnya
x